Admin Penunjang Belajar Admin Penunjang Belajar Author
Title: Cara Membuat Teks Berjalan Dengan Visual Basic 6.0
Author: Admin Penunjang Belajar
Rating 5 of 5 Des:
Penunjang Belajar - Cara Membuat Teks Berjalan Dengan  Visual Basic 6.0 Akhirnya kali ini admin dapat kesempatan untuk posting – pos...

Akhirnya kali ini admin dapat kesempatan untuk posting – posting lagi setelah melewati beberapa kegiatan di bulan ramadhan ini. Gimana kabar sobat semoga baik – baik aja, hehehe… Okeh kali ini admin akan memberikan tips bagaimana Cara Membuat Teks Berjalan Dengan Visual Basic 6.0. Kebanyakan programmer dalam membuat pemrogramman dengan visual basic ini jarang menggunakan yang namanya teks berjalan, ya mungkin dilihatnya terlalu rame atau bikin rumit, tapi bagi sobat yang ingin belajar pemrogramman visual basic ini mari ikuti penjelasan tentang postingan kali ini, mari ikuti.
  • Pertama – tama yang pasti sobat buka Program Visual Basicnya, kemudian sobat buat tampilan seperti gambar dibawah ini dengan menggunakan tambahan “Label”, dan berikan kata-kata sesuai keinginan sobat lalu atur besar formnya…
  • Sudah??? Nah jika sudah sobat tambahkan komponen “Timer” yang berada di menu toolbox sebelah kiri sobat. Seperti pada gambar berikut :
  • Sekarang kita akan memberikan sedikit script / coding untuk menjalankan teks tersebut, tapi sebelum admin berikan script / codingnya kita mengatur terlebih dahulu timernya, sobat klik pada komponen “Timer1” yang berada di lembar kerja visual basic, kemudian sobat beralih ke sebelah kanan sobat yaitu menu “Properties”, ganti pada bagian “Interval” menjadi 100, Seperti pada gambar berikut :

  • Jika sudah diberikan nilai pada interval-nya, nah baru kita berikan sedikit script / koding-nya, oia sedikit admin jelaskan tentang interval, interval itu berguna untuk memberikan berapa lama atau cepatnya waktu yang dibutuhkan untuk object yang digunakan, jika sobat belum mengerti juga, mungkin suatu saat sobat akan mengerti jika terus mengikuti postingan – postingan dari admin.
  • Okeh sekarang admin akan berikan script / koding pada timer-nya. Sekarang coba sobat klik 2x pada komponen “Timer1”, hingga muncul lembar untuk meletakkan script / koding-nya, lalu sobat copy-paste script / koding dibawah ini :

    Dim ket As String

    Private Sub Form_Activate()
    ket = "  " & Label1.Caption
    End Sub

    Private Sub Timer1_Timer()
    ket = Right(ket, Len(ket) - 1) & Left(ket, 1)
    Label1.Caption = ket
    End Sub
  • Untuk lebih jelas lagi lihat pada gambar berikut :
  • Kemudian sobat tinggal jalankan programnya lihat hasil yang terjadi, jika berhasil Selamat dan Sukses untuk sobat, sekian postingan kali ini.
Download SourceCode Program + E-Book PDF, Disini :


::. Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat .::

About Author

Advertisement

Post a Comment

  1. keren nih gan info nya terimakasih jangan lupa mampir yah di
    http://maribelajarvisualbasic.blogspot.com/
    thank's

    ReplyDelete
  2. mampir ke blog ane juga gan, btw nice info.

    ReplyDelete
  3. sangat bermanfaat sekali gan untuk pemula belajar pemograman seperti saya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih kawan semoga ilmunya makin bertambah

    ReplyDelete

 
Top