Exchanges Link
Exchanges Link
My Friends link
My Friends Link

Lihat Statistic Blog
« »
« »
« »

Saturday, 28 July 2012

Model Jaringan Dan Internet


Pada jaringan computer memiliki entitas yang berbeda maka dari itu diperlukan sebuah standart jaringan agar dapat berkomunikasi satu sama lainnya. Ada 2 standart pada jaringan yang sangat popular saat ini adalah yaitu Model OSI dan Model Internet. Model OSI (Opens System Interconnection) adalah model yang mendefinisikan Tujuh Lapisan Pada Jaringan, sedangkan Model Internet adalah model yang mendefinisikan Lima Lapisan Pada Jaringan. Untuk saat ini admin tidak akan membahas tentang 2 model jaringan tersebut, akan dibahas di artikel yang lain. Tunggu saja.
  • Kategory Jaringan 
Kali ini admin akan membahas tentang jaringan yang mengacu pada kedua category utama yaitu : Lokal Are Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Pada category sebuah jaringan biasanya ditentukan dari ukurannya, misalnya sebuah LAN yang biasanya meliputi area kurang dari 2 mil. Sedangkan WAN dapat meliputi area ke seluruh dunia.

Local Area Network (LAN)
Sebuah jaringan LAN biasanya digunakan oleh pribadi untuk menghubungkan perangkat dalam satu kantor, bangunan, atau kampus, tergantung pada kebutuhan organisasi dan jenis teknologi yang digunakan. LAN dapat digunakan secara sederhana seperti pada 2 buah PC dan printer disebuah kantor, atau dapat memperpanjang ke seluruh perusahaan dan dapat mencakup perangkat audio dan video, hanya saja pada jaringan LAN terbatas dari sisi ukurannya yaitu hanya beberapa kilometer saja.

Sebuah LAN terisolasi menghubungkan 12 komputer ke sebuah hub di lemari

LAN dirancang untuk memungkinkan sumber daya untuk berbagi antara computer pribadi atau workstation. Sumber daya yang dibagikan dapat mencakup Perangkat Keras misalnya : Printer, dan Perangkat Lunak misalnya : Program Aplikasi atau Sebuah Data. Sebuah contoh umum dari sebuah jaringan LAN adalah pada lingkungan bisnis yaitu menghubungkan sebuah workgroup dimana satu computer diberikan kapasitas harddisk yang besar dan dapat menjadi server untuk klien. Software dapat disimpan pada server pusat dan dapat digunakan untuk kebutuhan klien. Dalam contoh ini, ukuran dari LAN dapat ditentukan dengan batasan lisensi pada sejumlah pengguna per salinan perangkat lunak, atau dengan pembatasan jumlah pengguna lisensi untuk mengakses sistem operasi. Selain ukuran, LAN dibedakan dari jenis jaringan dengan media transmisi dan topologi. Secara umum, LAN diberikan hanya untuk digunakan oleh satu jenis media transmisi. LAN yang paling umum adalah topologi bus, ring, dan star. Awalnya LAN memiliki tingkat data dalam 4 sampai 16 megabit per detik (Mbps) jangkauan.

Wide Area Network (WAN)
Sebuah Wide Area Network (WAN), menyediakan jarak jauh transmisi data, gambar, audio, dan informasi video melalui area geografis yang luas yang dapat terdiri dari negara, benua, atau bahkan seluruh dunia. Sebuah WAN dapat sebagai backbone yang menghubungkan internet atau yang sederhana seperti dial-up line yang menghubungkan komputer rumah ke Internet. WAN biasanya mengacu pada : 1. sebagai WAN switched dan untuk yang ke 2. sebagai WAN point-to-point. WAN switched menghubungkan sistem akhir, yang biasanya terdiri dari router yang menghubungkan ke LAN atau WAN. Point-to-point WAN biasanya menggunakan leased line dari penyedia TV telepon atau kabel yang menghubungkan komputer rumah atau LAN kecil ke penyedia layanan Internet (LSP). Jenis WAN ini sering digunakan untuk menyediakan akses Internet.

  
Contoh awal WAN switched adalah X.25, jaringan yang dirancang untuk menyediakan konektivitas antara pengguna akhir. X.25 berangsur-angsur digantikan oleh jaringan berkecepatan tinggi, lebih efisien disebut Frame Relay. Contoh yang baik dari WAN switched adalah Modus Transfer Asinkron (ATM), yang merupakan jaringan dengan berukuran tetap paket data unit yang disebut sel. Contoh lain dari WAN adalah WAN nirkabel yang menjadi lebih dan lebih populer.

Metropolitan Area Networks (MAN)
Sebuah Metropolitan Area Networks (MAN) adalah jaringan dengan ukuran antara LAN dan WAN. Biasanya mencakup wilayah bagian dalam sebuah kota. Hal ini dirancang untuk pelanggan yang membutuhkan konektivitas berkecepatan tinggi, biasanya ke Internet, dan memiliki titik akhir tersebar di kota atau bagian kota. Contoh yang baik dari MAN adalah bagian dari jaringan perusahaan telepon yang dapat memberikan line kecepatan tinggi DSL ke pelanggan. Contoh lain adalah TV kabel jaringan yang awalnya dirancang untuk TV kabel, tapi hari ini juga dapat digunakan untuk kecepatan tinggi koneksi data ke Internet.

Interkoneksi Jaringan: Internetwork
Saat ini sangat jarang sekali untuk melihat LAN, MAN, atau LAN dalam isolasi, mereka terhubung satu sama lain. Ketika dua atau lebih jaringan yang terhubung, mereka menjadi sebuah internetwork atau internet.

Sebagai contoh, asumsikan bahwa suatu organisasi memiliki dua kantor, satu di pantai timur dan yang lainnya di pantai barat. Kantor yang didirikan di pantai barat memiliki koneksi bus topologi LAN, kantor baru dibuka di pantai timur memiliki koneksi star topologi LAN. Presiden perusahaan tersebut tinggal di suatu tempat dan harus memiliki kontrol atas perusahaan darinya. Untuk membuat backbone WAN untuk menghubungkan ketiga entitas dibutuhkan (dua LAN dan komputer presiden), WAN switched (dioperasikan oleh penyedia layanan seperti perusahaan telekomunikasi). Untuk menghubungkan LAN ke switched WAN, diperlukan, tiga WAN point-to-point. WAN point-to-point bisa menjadi kecepatan tinggi pada line DSL yang ditawarkan oleh perusahaan telepon atau line kabel modern yang ditawarkan oleh penyedia TV kabel seperti yang ditunjukkan pada Gambar berikut.

Sebuah jaringan heterogen membuat WAN offour dan dua LAN 

Internet
Internet telah merevolusi banyak aspek kehidupan kita sehari-hari. Hal ini telah mempengaruhi cara kita melakukan bisnis serta cara kita menghabiskan waktu senggang kita. Melihat cara Anda telah menggunakan Internet baru-baru ini. Mungkin Anda sudah mengirim surat elektronik (e-mail) untuk rekan bisnis, membayar tagihan utilitas, membaca koran dari sebuah kota yang jauh, atau melihat jadwal sebuah film lokal dengan menggunakan Internet. Atau mungkin Anda meneliti topik medis, membukukan reservasi hotel, mengobrol dengan sesama Trekkie, atau perbandingan-berbelanja untuk sebuah mobil. Internet adalah sistem komunikasi yang telah membawa banyak informasi ke ujung jari kita dan terorganisir itu untuk kita gunakan.

Internet adalah sebuah sistem, terorganisir terstruktur. Kita mulai dengan sejarah singkat dari internet. Dengan mengikuti deskripsi Internet saat ini.

Sejarah Singkat
Jaringan adalah sekelompok perangkat berkomunikasi terhubung seperti komputer dan printer. Internet (perhatikan huruf kecil i) adalah dua atau lebih jaringan yang dapat berkomunikasi satu sama lain. Internet paling menonjol disebut Internet (huruf besar huruf I), sebuah kolaborasi lebih dari ratusan ribu individu networks002E saling berhubungan Swasta serta berbagai organisasi seperti instansi pemerintah, sekolah, fasilitas penelitian, perusahaan, dan perpustakaan di lebih dari 100 negara menggunakan Internet. Jutaan orang pengguna. Namun, sistem komunikasi luar biasa hanya terbentuk pada tahun 1969.

Pada pertengahan 1960-an, komputer mainframe dalam organisasi penelitian adalah perangkat mandiri. Komputer dari produsen yang berbeda tidak dapat berkomunikasi satu sama lain. The Advanced Research Projects Agency (ARPA) di Departemen Pertahanan (DoD) tertarik dalam mencari cara untuk menghubungkan komputer sehingga para peneliti mereka didanai dapat berbagi temuan mereka, sehingga mengurangi biaya dan menghilangkan duplikasi usaha.

Pada tahun 1967, pada Asosiasi untuk Komputasi (ACM) pertemuan Mesin, ARPA disajikan ide-ide untuk ARPANET, jaringan kecil komputer yang terhubung. Idenya adalah bahwa setiap komputer host (tidak harus dari produsen yang sama) akan melekat pada sebuah komputer khusus, yang disebut prosesor pesan interface (IMP). The IMPS, akan terhubung ke satu sama lain. Setiap IMP harus dapat berkomunikasi dengan IMPS lainnya serta dengan host sendiri.

Pada 1969, ARPANET menjadi kenyataan. Empat node, di University of California di Los Angeles (UCLA), University of California di Santa Barbara (UCSB), Stanford Research Institute (SRI), dan University of Utah, yang terhubung melalui IMPS untuk membentuk jaringan. Perangkat lunak yang disebut Network Control Protocol (NCP) yang disediakan komunikasi antara host.

Pada tahun 1972, Vint Cerf dan Bob Kahn, keduanya adalah bagian dari inti ARPANET kelompok, bekerja sama pada apa yang mereka sebut Projec1 Internetting. Cerf dan Kahn Landmark 1973 kertas diuraikan protokol untuk mencapai end-to-end pengiriman paket. Makalah ini pada Transmission Control Protocol (TCP) termasuk konsep-konsep seperti enkapsulasi, datagram, dan fungsi gateway.

Tak lama kemudian, pemerintah membuat keputusan untuk membagi TCP menjadi dua protokol: Transmission Control Protocol (TCP) dan Protokol internetworking (LP). IP datagram routing yang akan menangani sementara TCP akan bertanggung jawab untuk tingkat yang lebih tinggi fungsi seperti deteksi segmentasi, reassembly, dan kesalahan. Protokol internetworking dikenal sebagai TCP/IP.

Internet Hari Ini
Internet telah datang jauh sejak 1960-an. Internet saat ini bukan struktur hirarki sederhana. Hal ini terdiri dari jaringan luas dan daerah-daerah banyak yang bergabung dengan menghubungkan perangkat dan stasiun switching. Sulit untuk memberikan representasi akurat dari internet karena itu terus berubah-baru selalu ditambahkan jaringan, jaringan yang ada menambahkan alamat, dan jaringan perusahaan mati sedang dihapus. Hari ini sebagian besar pengguna akhir yang menginginkan koneksi Internet menggunakan layanan dari penyedia layanan Internet (LSP). Ada banyak penyedia layanan internasional, penyedia layanan nasional, penyedia layanan regional, dan penyedia layanan lokal. Internet saat ini dijalankan oleh perusahaan swasta, bukan pemerintah. Gambar berikut menunjukkan tampilan (bukan geografis) konseptual dari Internet.




Dikutip Dari : Buku Data Communication And Networking By Behrouz a. Forouzan 4th Edition.

::. Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat .::

0 komentar:

Post a Comment

Jika Kita Bersungguh - Sungguh Dalam Belajar, Maka Ilmu Yang Didapat Takkan Pernah Hilang
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More