Admin Penunjang Belajar Admin Penunjang Belajar Author
Title: Protokol dan Standart Pada Jaringan
Author: Admin Penunjang Belajar
Rating 5 of 5 Des:
Penunjang Belajar - Protokol dan Standart Pada Jaringan Untuk kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang Protokol dan Standar...

Untuk kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang Protokol dan Standart Pada Sebuah Jaringan. Dalam sebuah jaringan terdapat dua istilah yang banyak digunakan yaitu Protokol dan Standart. Apa itu Protokol ??? dan Apa itu Standart ???. Protokol dapat kita definisikan sebagai sinonim dari sebuah aturan dalam jaringan, sedangkan Standart yaitu sesuatu yang sudah disepakati oleh aturan.

Protokol
Dalam jaringan komputer, komunikasi terjadi antara entitas dalam sistem yang berbeda. Entitas adalah sesuatu yang mampu mengirim atau menerima informasi. Namun, dua badan organisasi tidak bisa begitu saja mengirim aliran bit untuk satu sama lain dan berharap untuk dipahami. Protokol adalah seperangkat aturan yang mengatur komunikasi data. Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan, bagaimana dikomunikasikan, dan ketika itu dikomunikasikan. Elemen-elemen dari sebuah protokol yaitu, sintaks, semantik, dan waktu.
  • Sintaks. Sintaks mengacu pada struktur atau format data, yang berarti urutan yang disajikan. Sebagai contoh, sebuah protokol sederhana mungkin mengharapkan 8 bit pertama dari data yang akan alamat kirim, 8 bit kedua menjadi alamat penerima, dan seluruh aliran menjadi pesan itu sendiri. 
  • Semantik. Semantik kata mengacu pada arti dari setiap bagian dari bit. Bagaimana pola tertentu untuk ditafsirkan, dan tindakan apa yang akan diambil berdasarkan interpretasi itu? Misalnya, apakah alamat mengidentifikasi rute yang akan diambil atau tujuan akhir dari pesan tersebut?  
  • Waktu. Waktu mengacu pada dua karakteristik: ketika data harus dikirim dan seberapa cepat mereka dapat dikirim. Sebagai contoh, jika pengirim memproduksi data sebesar 100 Mbps tetapi penerima dapat memproses data pada hanya 1 Mbps, transmisi akan membebani penerima dan beberapa data akan hilang.  
Standart
Standar penting dalam menciptakan dan menjaga pasar terbuka dan kompetitif bagi produsen peralatan dan dalam menjamin interoperabilitas nasional dan internasional data dan teknologi telekomunikasi dan proses. Standar memberikan pedoman untuk produsen, vendor, lembaga pemerintah, dan penyedia layanan lainnya untuk memastikan jenis interkonektivitas diperlukan di pasar saat ini dan dalam komunikasi internasional. Komunikasi data standar terbagi dalam dua kategori: de facto (berarti "oleh fakta" atau "konvensi") dan de jure (yang berarti "hukum" atau "oleh peraturan").

De facto. Standar yang belum disetujui oleh badan yang terorganisir tetapi telah diadopsi sebagai standar melalui penggunaan luas secara de facto standar. De facto standar biasanya didirikan awalnya oleh produsen yang berusaha untuk mendefinisikan fungsi dari suatu produk atau teknologi baru.

De jure. Standar tersebut yang telah disahkan oleh badan resmi diakui secara de jure standar.

Standar Organisasi
Standar dikembangkan melalui kerja sama dari Standart Penciptaan Komite, Forum, dan Lembaga Pemerintah Peraturan.
  • Standart Penciptaan Komite
Sementara banyak organisasi yang didedikasikan untuk pembentukan standar, data telekomunikasi di Amerika Utara bergantung terutama pada mereka yang diterbitkan oleh :

Internasional Organization for Standartdization (ISO). ISO adalah lembaga multinasional yang keanggotaannya ditarik terutama dari komite penciptaan standar berbagai pemerintah di seluruh dunia. ISO aktif dalam mengembangkan kerjasama di alam kegiatan ilmiah, teknologi, dan ekonomi.

International Telecomunication Union – Telecomunication Standart Sector (ITU-T). Pada awal tahun 1970, sejumlah negara telah menetapkan standar nasional untuk telekomunikasi, namun masih ada kompatibilitas internasional kecil. PBB merespon dengan membentuk, sebagai bagian dari Uni Telekomunikasi Internasional (ITU), sebuah komite, Komite Konsultatif untuk Telegrapi Internasional dan Telephony (CCITT). Komite ini dikhususkan untuk penelitian dan pembentukan standar untuk telekomunikasi pada umumnya dan untuk sistem telepon dan data pada khususnya. Pada tanggal 1 Maret 1993, nama komite ini diubah menjadi Telekomunikasi Union Telecommunication Sektor Standar Internasional (ITU-T).

American National Standards Institute (ANSI). Meskipun namanya, American National Standards Institute adalah sebuah perusahaan, benar-benar swasta nirlaba yang tidak berafiliasi dengan pemerintah federal AS. Namun, semua kegiatan ANSI dilaksanakan dengan kesejahteraan Amerika Serikat dan warga negaranya menduduki kepentingan utama.

Institute of Electrical dan Electronics Engineers (IEEE). Lembaga Insinyur Listrik dan Elektronika adalah masyarakat profesional teknik terbesar di dunia. Dalam lingkup internasional, bertujuan untuk memajukan teori, kreativitas, dan kualitas produk di bidang teknik listrik, elektronik, dan radio serta di semua cabang terkait rekayasa. Sebagai salah satu tujuannya, IEEE mengawasi pengembangan dan adopsi standar internasional untuk komputasi dan komunikasi.

Electronic Industries Association (EIA). Sesuai dengan ANSI, Electronic Industries Association adalah organisasi nirlaba yang ditujukan untuk mempromosikan keprihatinan manufaktur elektronik. Kegiatannya meliputi pendidikan kesadaran publik dan upaya lobi di samping pengembangan standar. Di bidang teknologi informasi, AMDAL telah memberikan kontribusi signifikan dengan mendefinisikan interface koneksi fisik dan spesifikasi sinyal elektronik untuk komunikasi data.
  • Forum
Pengembangan teknologi telekomunikasi bergerak lebih cepat dari kemampuan komite standar untuk meratifikasi standar. Komite standar adalah badan prosedural dan oleh alam yang bergerak lambat. Untuk mengakomodasi kebutuhan untuk model kerja dan perjanjian dan untuk memfasilitasi proses standarisasi, banyak kelompok minat khusus, telah mengembangkan forum terdiri dari perwakilan dari perusahaan-perusahaan. Forum-forum bekerja dengan universitas dan pengguna untuk menguji, mengevaluasi, dan standarisasi teknologi baru. Dengan berkonsentrasi pada upaya teknologi tertentu, dalam forum adalah mampu mempercepat penerimaan dan penggunaan teknologi tersebut dalam komunitas telekomunikasi. Forum-forum menyajikan kesimpulan mereka ke badan standar.
  • Peraturan Agen
Semua teknologi komunikasi tunduk pada peraturan oleh instansi pemerintah seperti Federal Comunications Commission (FCC) di Amerika Serikat. Tujuan lembaga ini adalah untuk melindungi kepentingan umum dengan mengatur komunikasi radio, televisi, dan kawat / kabel. FCC memiliki kewenangan atas antar negara dan perdagangan internasional yang berkaitan dengan komunikasi.

Standar Internet
Sebuah standar Internet adalah spesifikasi yang benar-benar teruji yang berguna untuk dipatuhi oleh mereka yang bekerja dengan Internet. Ini adalah peraturan formal yang harus diikuti. Ada prosedur yang ketat dengan spesifikasi yang mencapai statusnya Internet standar. Spesifikasi Sebuah dimulai sebagai sebuah draft internet. Sebuah rancangan Internet adalah sebuah dokumen kerja (pekerjaan yang sedang berjalan) tanpa status resmi dan seumur hidup 6-bulan. Setelah rekomendasi dari otoritas Internet, draft dapat dipublikasikan sebagai Request for Comment (RFC). Setiap RFC diedit, diberi sebuah nomor, dan tersedia untuk semua pihak yang berkepentingan. RFC melalui tingkat kematangan dan dikategorikan sesuai dengan tingkat kebutuhan mereka.

Dikutip Dari : Buku Data Communication And Networking By Behrouz a. Forouzan 4th Edition.

::. Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat .::

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top