Admin Penunjang Belajar Admin Penunjang Belajar Author
Title: Transistor
Author: Admin Penunjang Belajar
Rating 5 of 5 Des:
Penunjang Belajar – Transistor Transistor, siapa yang tidak mengetahui komponen ini, ya komponen inilah yang mengantarkan dunia elek...

Transistor, siapa yang tidak mengetahui komponen ini, ya komponen inilah yang mengantarkan dunia elektronika klasik menuju elektronika modern. Transistor pada umumnya berfungsi sebagai sakelar tetapi dapat juga dijadikan sebagai penguat arus maupun tegangan.

 
Transistor dibedakan menjadi dua jenis yaitu :
  1. BJT (Bipolar Junction Transistor) 
  2. FET (Field Effect Transistor)
Untuk yang pertama admin akan menjelaskan tentang Transistor BJT. Mari ikuti penjelasannya.
  • Transistor BJT
Pada Transistor BJT memiliki 2 Dioda yang kutub positif dan kutub negatifnya berdekatan, serta memiliki 3 Terminal yaitu : Emitter, Colector, dan Basis. BJT dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu : NPN dan PNP.

NPN (Negative Positive Negative)

Pada Transistor jenis NPN ini bahwa huruf N dan P menunjukkan sebagai pembawa muatan yang mayoritas berada di daerah yang berbeda pada sebuah transistor. Transistor NPN ini terdiri dari 1 lapisan semikonduktor tipe P diantara 2 lapisan semikonduktor tipe N. Arus yang mengalir dari kaki basis ke emitter akan dikuatkan dikeluaran kaki colektor, dengan kata lain Transistor NPN akan berfungsi ketika tegangan di kaki basis lebih tinggi dari tegangan di kaki emitter. Tanda panah yang berada pada symbol NPN diletakkan di kaki emitter dan mengarah keluar.

PNP (Positive Negative Positive)

Transistor jenis PNP terdiri dari 1 lapisan semikonduktor Tipe N diantara lapisan semikonduktor Tipe P. Arus yang keluar dari kaki basis dengan mode tunggal pada kaki emitter akan dikuatkan dikeluaran kaki kolektor, dengan kata lain Transistor PNP akan berfungsi ketika tegangan di kaki basis lebih rendah dari tegangan di kaki emitter. Tanda panah yang berada pada symbol PNP diletakkan pada emitter dan mengarah masuk ke dalam.
  • Transistor FET
Transistor jenis FET merupakan jenis yang menggunakan medan listrik untuk mengendalikan konduktifitas suatu kanal dari pembawa muatan tunggal dalam bahan semikonduktor. Transistor jenis FET memiliki 3 Terminal yaitu source (S). gate (G), dan drain (D).

Simbol Transistor FET
 
Transistor jenis FET ini banyak sekali macamnya diantaranya adalah sebagai berikut :
  • MOSFET (Metal Oxide Semiconductor FET)
  • MESFET (Metal Semiconductor FET)
  • JFET (Junction FET)
  • HEMT (High Electron Mobility Transistor)
  • FREDFET (Fast Reverse / Recovery Epitaxial Diode FET)
  • ISFET (Ion-Sensitive FET)
  • IGBT (Insulated Gate Bipolar Transistor)
  • DNAFET
Hanya itu yang bisa admin sampaikan untuk posting kali, kurang lebihnya admin minta maaf.

::. Selamat Belajar, Semoga Bermanfaat .::

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top